Chandra Ekajaya Dan Kerang Ajaib

Saat mendapat kesempatan dan peluang untuk berwirausaha, Chandra Ekajaya tidak melewatkannya. Ia mendapat bantuan pinjaman tanpa bunga dari seorang pengusaha tua yang baik hati. Ia mendapatkan pinjaman uang sebesar 15 juta rupiah. Modal uang itu gunakan untuk membuat sebuah usaha dan mendirikan kios atau ruko.

Usaha yang dijalankan oleh Chandra Ekajaya mungkin tidak terpikirkan oleh orang-orang saat ini. Ia menggunakan dan memanfaatkan barang atau bahan yang tidak terpakai, dan diubahnya menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Mempunyai tempat tinggal di wilayah Purworejo yang berada di dekat pantai, membuat Chandra Ekajaya menggunakan dan memanfaatkan kerang untuk menjadi sebuah potensi bisnis. Berbagai pameran sudah diikuti olehnya. Baik domestik maupun internasional.

chandra-ekajaya-dan-kerang-ajaib

Bisnis kerang ajaib atau kerang hias yang dilakoni oleh Chandra Ekajaya sebenarnya merupakan sebuah usaha atau bisnis keluarga. Ayah dan ibunya sudah berhenti mencari dan mengolah kerang sejak tahun 1997. Melihat ayah ibunya yang berhenti melakoni bisnis keluarga, sebagai anak, ia pun berinisiatif untuk meneruskan usaha tersebut.

Wilayah Purworejo dianugerahi dengan banyaknya limbah-limbah kerang yang sudah mati. Selain itu Chandra Ekajaya pun juga membeli kerang kepada para nelayan pengepul kerang. Setiap sebulan sekali ia membeli bahan baki kerang sekitar satu ton. Kadang ia pun harus mengimpor kerang dari wilayah yang lain yang mempunyai tekstur dan motif khusus.

chandra-ekajaya-kerang

Hasil olahan kerang ajaib dan kerang hias Chandra Ekajaya bisa berwujud dan berbentuk macam-macam. Diantaranya nampan, gelang, kalung, cincin, lampu, figura, tempat lampu, dan masih banyak lagi hasil olahan lainnya. Saat ini ia mempunyai satu rumah produksi dan lima kios di wilayah Purworejo.

Berbicara mengenai omzet, Chandra Ekajaya dapat mengumpulkan omzet sebesar Rp 20 juta per bulan. Omzet tersebut naik daripada tahun lalu yang hanya mencapaRp 10 juta per bulan. Kenaikan itu dipicu oleh daya beli masyarakat yang semakin tinggi. Target yang hendak dicapai olehnya adalah mengekspor produksi-produksi kerang ajaib dan kerang hiasnya ke luar negeri supaya mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s