Yohanes Chandra Ekajaya Pilih Lokasi Bisnis

Berdasar ilmu kuno mana pun, baik Jawa, Tiongkok, atau pun Maya dan Aztec, tempat atau lokasi sangat menentukan nuansa dan kondisi. Bagi seorang pengusaha atau wirausahawan lokasi mempunyai arti yang sangat penting. Sebab lokasi merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap kegagalan atau keberhasilan suatu usaha.

Makanya lokasi merupakan hal yang selalu dipikirkan oleh para pengusaha sebelum membuka sebuah usaha. Biasanya para pengusaha sudah mematangkan pemilihan lokasi jauh-jauh hari sebelum usaha dibuka atau dijalankan. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa meski bukan satu-satunya faktor, tetapi lokasi bisa memberi daya dorong yang sangat kuat terhadap pertumbuhan usaha.

yohanes-chandra-ekajaya-lokasi

Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa banyak usaha yang potensial tidak berkembang karena kesalahan memilih lokasi. Biasanya pilihan lokasi yang dipilih oleh usaha-usaha yang tidak berkembang itu tidak strategis dan dalam sudut pandang bisnis sangat tidak menguntungkan. Makanya pengetahuan dan pengalaman sangatlah membantu dalam pemilihan lokasi. Perencanaan yang matang juga menjadi salah satu cara untuk menentukan lokasi yang tepat.

Pengamatan atau observasi terhadap para pesaing juga sangat penting. Pengusaha harus memperhatikan para pesaing yang telah lebih dahulu membuka usaha di wilayah tertentu, terutama di dekat lokasi yang dipilih. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa jika suatu usaha bisa bertahan dan sangat laris atau mampu meraup keuntungan di suatu wilayah, maka biasanya usaha lain yang sejenis akan mendapat implikasi yang sama.

yohanes-chandra-ekajaya-pilih-lokasi-bisnis

Meskipun lokasi yang dipilih kurang tepat, bagi pengusaha sekaliber Yohanes Chandra Ekajaya hal itu bisa diakali. Tetapi memang pengusaha tersebut harus berusaha ekstra keras. Ia menambahkan bahwa pengusaha harus membuat berbagai macam inovasi dan kreasi supaya konsumen mengenal dan tertarik dengan usaha yang dikembangkan.

Yohanes Chandra Ekajaya menyarankan kepada pengusaha yang sudah salah memilih lokasi, meskipun tempat tersebut sesuai dengan tema usahanya, tetapi jika harga sewa atau jualnya terlalu mahal, serta pengusaha tersebut malah terbebani dengan biaya publikasi, maka lebih baik ia mencari tempat atau lokasi yang lain. Sehingga usaha yang ia dirikan dapat berkembang dengan cepat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s