Yohanes Chandra Ekajaya, Lestarikan Alam Demi Panggilan Hati

Menjalani profesi sebagai pebisnis di Indonesia sejak lama, tak lantas membuat Yohanes Chandra Ekajaya selalu identik dengan kehidupan mewah. Di luar panggung, bisnis nya Yohanes Chandra Ekajaya ternyata sosok pecinta alam.

Yohanes mengaku sangat menikmati berada di alam terbuka tanpa bangunan gedung, sanitasi, dan tempat tidur. Ia menyukai traveling ke hutan pedalaman dan wilayah terpencil, menetap di rumah penduduk, mandi di sungai, dan jauh dari  kehidupan ala perkotaan.

yohanes-chandra-ekajaya-pemandangan-alam

“I am OK with that, aku orangnya sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, jadi tidak ada masalah untuk masuk ke pedalaman, trekking, nyebur ke sungai, ke kali,” ujar pebisnis ini.

Peduli konservasi hutan dan satwa

Yohanes Chandra Ekajaya punya kepedulian besar terhadap pelestarian lingkungan yang mendorongnya pergi ke sejumlah wilayah konservasi di pelosok Nusantara untuk melihat dan membantu masyarakat sekitar hidup harmonis dengan alam dan hutan.

yohanes-chandra-jaya

Yohanes Chandra Ekajaya selalu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gaya hidup ramah lingkungan. Davina kini terlibat aktif dalam kampanye pelestarian satwa Indonesia yang populasinya terancam oleh manusia, mulai dari orangutan, harimau, gajah, bekantan hingga penyu dll.

Selain itu, Yohanes Chandra Ekajaya juga menaruh perhatian besar pada kelestarian hutan sebagi rumah satwa, penyimpan karbon alami, dan juga pengendali iklim. Perjalanannya menyusuri berbagai wilayah di Sumatera, Kalimantan, dan Papua membuka matanya bahwa hutan Indonesia–hutan hujan hingga mangrove–memiliki keragaman hayati (biodiversity) terbesar di dunia. Namun, ia mengaku sangat prihatin dengan keadaanya sekarang karena mengalami kerusakan.

Yohanes Chandra Ekajaya menganggap perubahan iklim dan pemanasan global sebagai isu lingkungan yang sangat serius saat ini dan menuntut perubahan perilaku dan gaya hidup manusia. Semuanya bisa memulai dari hal-hal kecil yang berdampak besar seperti soal pengelolaan sampah, penghematan energi berbahan fosil, termasuk listrik, dan penanaman pohon.

Bagi Yohanes Chandra Ekajaya, segala yang ia lakukan untuk lingkungan sebenarnya bukan hal luar biasa dan juga bisa dilakukan banyak orang jika mereka semua mau berpikir tentang kehidupan berkelanjutan. Karena, melestarikan alam dan lingkungan, menurut dia, adalah merawat dan mencintai kehidupan baik alam, satwa dan yang berhubungan denganya agar terjaga keseimbangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s