Bisnis Ikan Gurameh, Chandra Ekajaya Untung Berlipat

Bisnis Ikan Gurameh, Chandra Ekajaya Untung Berlipat

Ikan gurame adalah salah satu ikan yang hidup di perairan Indonesia dan di kembangan biakan secara masal oleh masyrakat Indonesia. Banyak masyrakat Indonesia yang membudidayakan ikan gurame sebagai konsumsi sendiri atau dijual dan mendapatkan keuntungan ekonomis dari ikan gurame. Inilah yang dilakukan oleh Chandra Ekajaya yang ikut membudidayakan ikan gurame sebagai salah satu komoditi dagang.

Bisnis Ikan Gurameh, Chandra Ekajaya Untung Berlipat

Saat ini Chandra Ekajaya memiliki 10 kolam untuk membudidayakan ikan gurame. Kolam-kolam tersebut setiap bulanya bisa menghasilkan ikan gurame siap jual berkisar 2-6 ton perbulan. Dengan penjualan mencapai angka tersebut, dari penjualan ikan gurame siap jual saja dirinya sudah bisa mengantongi keuntungan hingga mencapai Rp 100 juta rupiah perbulan.

Selain mengandalkan ikan gurame siap jual, Chandra Ekajaya juga melakukan jual beli benih ikan gurame. Memang kalau dibandingkan dengan nilai jual ikan gurame besar yang siap jual, jual beli benih lebih sedikit keuntungan yang di dapat. Namun penjualan benih ini dirasa mampu memberikan segmen pasar tersendiri bagi usahanya. Benih yang dijual pasti dibeli oleh rekan bisnis dan pengusaha budidaya ikan gurame di sekitar kota dan bahkan keluar pulau.

Jika melihat potensi yang ada, ikan gurame memang mendapatkan permintaan pasar yang bisa dibilang sangat banyak dan besar. Banyak pengusaha yang senagaja membudidayakan ikan gurame sebagai salah satu komoditi dagang. Ikan gurame milik Chandra Ekajaya dipasarkan sudah mencapai Sumatera dan Kalimantan. Jika di Pulau Jawa, sudah hampir semua kota sudah dirinya pasok dari budidaya guramah miliknya.

Bisnis Ikan Gurameh, Chandra Ekajaya Untung Berlipat

Chandra Ekajaya juga bekerjasama dengan beberapa swalayan dan supermarket besar di seluruh kota di Indonesia sebagai salah satu rekanan bisnis dimana dirinya memasok ikan guram yang di jual di supermarket tersebut.

Berbagai halangan dan rintangan sudah pernah dirinya alami, mulai dari permasalahan penyakit ikan yang kerap melanda dan terlebih pasokan pakan yang terkadang mengalami kenaikan harga bahkan terkadang mengalami kelangkaan menjadi salah satu bumbu di budidaya ikan gurame miliknya. Hal yang paling dirinya takutkan dalam budidaya ikan gurame adalah anjloknya harga ikan gurame karena permainan oknum yang tidak bertanggung jawab, menurut Chandra Ekajaya permainan ini dilakukan oleh beberapa pengusaha yang menginginkan harga ikan gurame naik turun demi keuntungan mereka sendiri tanpa memikirkan daya beli masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s