Chandra Ekajaya Melatih Petani

petani sawit

Pengusaha Chandra Ekajaya dalam beberapa kesempatan bertemu dengan para petani yang berada di wilayah Sumatera. Pada kesempatan-kesempatan itu, biasanya sebanyak 50 petani yang tergabung dalam asosiasi-asosiasi petani kelapa sawit hadir menemuinya. Pertemuan itu bukanlah sembarang pertemuan, karena dalam pertemuan itu terdapat pelatihan peremajaan kelapa sawit yang berbasis kebun.

Biasanya dalam pelatihan tersebut juga hadir para akademisi yang bergerak di dunia pertanian. Kemudian perwakilan dari dinas kehutanan dan perkebunan juga hadir. Ini membuktikan bahwa pertemuan yang digagas oleh pengusaha Chandra Ekajaya yang berasal dari Jawa Timur ini adalah sebuah pertemuan yang penting. Karena ini menyangkut dengan nasib para petani kelapa sawit di Indonesia.

petani sawit

Tindak lanjut dari pelatihan peremajaan ini nantinya adalah para petani dapat memahami dan mengerti persyaratan yang diperlukan serta harus dipenuhi oleh mereka. Kemudian syarat dan ketentuan yang berasal dari pemerintah nantinya akan dipermudah untuk membantu proses peremajaan tersebut. Inilah tujuan awal dari berjalannya program ini.

Pengusaha muda ini juga membantu para petani dalam membuat perencanaan dan anggaran. Sehingga mereka nantinya paham dan mengerti tentang segala macam biaya yang diperlukan dan dikeluarkan untuk proses peremajaan perkebunan kelapa sawit. Biaya ini dimulai dari biaya penumbangan pohon kelapa sawit yang sudah tidak produktif atau tua, kemudian pembelian bibit, penanaman, pengolahan, hingga sampai proses memanen.

Sayangnya masih ada persoalan dan permasalahan yang mengganjal. Persoalan itu terkait dengan legalitas para petani untuk mengelola pohon kelapa sawit. Sehingga nantinya akan mewujudkan peremajaan kebun pohon kelapa sawit. Sebenarnya hal itu lebih terkait ke tanah, karena banyak sertifikat tanah atau lahan yang digunakan sebagai jaminan untuk peminjaman uang di bank.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s