Loyang Pizza Mini Yang Menjadi Rahasia Sukses Pizza Milik Hari Saptono

loyang pizza mini

Sebuah trend yang sedang saat ini ialah me lokal kan makanan luar negeri agar sesuai dengan cita rasa Nusantara dengan berbagai modifikasi yang ada. Salah satu yang menangkap tren tersebut adalah Hari Saptono. Ia merintis usaha loyang pizza mini sejak mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai Supervisor Marketing di perusahaan olahan laut PT Ocean Sea Nutrition. Di penghujung Februari 2011. Saat itu ia mulai dengan menjadi reseller atau sales canvas, yaitu dengan meminta sebuah unit usaha bakery rumahan membuatkan produk pizza dengan ukuran mini dengan harga terjangkau Rp1.000-Rp2.000 yang ia jajakan ke sekolah dengan sistem titip jual atau konsinyasi.

Selang 2 bulan kemudian ia coba rencanakan untuk memiliki rumah produksi sendiri, sekaligus ingin lebih menjaga kualitas dan ciri khas. Ia mencoba membangun pasar di jejaring sosial di Kaskus. Sehingga, saya bisa dapatkan reseller hampir seluruh area Jawa Timur. Dalam sehari ia bisa menjual sekitar 4000-5000 buah pizza mini. Hingga sampai Juli 2012 Hari berhasil menyewa sebuah gedung di Malang untuk ia jadikan kantor dan workshop produksi.

loyang pizza mini

Permintaan dari daerah terus meningkat, kemudian ia juga berpikir untuk menjual pizza mini dengan konsep yang lain. Akhirnya saya sadar, kalau makanan ini di negeri asalnya adalah makanan semua kalangan yang biasa dijual di kaki lima. Saya pun akhirnya membuat konsep pizza mini dijual dalam konsep booth take away/gerobakan kaki lima dengan desain yang modern atawa elegan serta kualitas rasa yang saya coba buat seperti kualitas resto.

Akhirnya April 2013 hari resmi merilis outlet pertama dengan respon positif kami dapat mulai dari liputan media yang menyatakan kami usaha daerah paling prospektif dan keinginan masyarakat untuk bergabung menjadi mitra usaha/franchise cukup besar. Hari dengan resmi mendaftarkan merek kami yaitu ‘Loyang Pizza Mini’. Nama itu dipilih karena memang rahasia yang membuat pizza ini unik ialah loyang nya yang berukuran mini.

Ia terus berinovasi dan menjadikan bisnis ini bisnis yang memudahkan bagi semua mitra usahanya. Hari selalu update menu 3 sampai 4 bulan sekali. Pengalamannya bekerja di perusahaan olahan laut PT Ocean Sea Nutrition milik Chandra Ekajaya sebagai supervisor Marketing membuatnya mudah dalam memasarkan produk dagangannya.

Secara bisnis pun Hari menggunakan jaringan bisnis yang dipakai olehnya saat di perusahaan olahan laut tempat bekerjanya dulu. Bahkan secara langsung Chandra Ekajaya sang pemilik perusahaan tempat hari bekerja dahulu juga mengizinkan karena ia beranggapan bahwa ketika ada pegawainya yang sukses merupakan salah satu peluang untuk menambah kesuksesannya sendiri.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s